Take a fresh look at your lifestyle.

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah Dan Penyebabnya

77

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia ialah kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran atau sirkulasi darah manusia baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Gangguan atau kelainan peredaran darah manusia dapat dikelompokkan menjadi kelainan pada darah dan kelainan pada pembuluh darah.

Gangguan pada organ peredaran darah manusia dapat terjadi sebab keturunan, kelainan bawaan (kelainan sejak lahir), maupun gaya hidup dan masakan yang tidak sehat, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi kuliner yang berlemak dan berkolesterol tinggi, kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Darah pada insan mengalir di dalam pembuluh darah dan diedarkan dengan pinjaman jantung. Jantung memompa darah ke paru-paru untuk melepas sisa metabolisme dan mengambil oksigen, lalu kembali ke jantung untuk dipompa ke seluruh badan. Skema peredaran darah manusia mampu dilihat pada gambar di bawah ini.

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia adalah kelainan atau penyakit yang terjadi pa Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah dan Penyebabnya

Ayo Menulis
Bacalah artikel wacana gangguan pada organ peredaran darah insan, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab-penyebabnya.

No Nama Gangguan Penyebab
1 Jantung koroner Penyebab jantung koroner adalah adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2 Hipertensi Penyebab hipertensi ialah tingginya tekanan darah dari tekanan darah normal (120/80 mmHg), mampu alasannya stress, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.
3 Skelrosis Penyebab skelrosis ialah terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4 Varises Penyebab varises yaitu tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak. Umumnya terjadi pada bab betis.
5 Anemia Penyebab anemia di antaranya perdarahan akhir kecelakaan atau luka di bagian luar atau dalam badan dan kekurangan produksi sel darah merah akhir tubuh kekurangan zat besi.
6 Leukimia Leukimia atau kanker darah yaitu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya sel darah putih yang tak terkendali. Penyebab leukimia ialah kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi, merokok, obesitas, dan lain sebagainya.
7 Hipotensi Hipotensi adalah keadaan dikala tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Penyebabnya yaitu faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.
8 Haemoroid (ambein), Vena jerawat dan meradang di rektum dan anus yang menimbulkan ketidaknyamanan dan perdarahan. Penyebabnya yakni pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar bokong, adalah di dalam rektum atau di dalam anus
9 Hemofili Hemofilia ialah penyakit darah yang sulit membeku. Penyeababnya yaitu kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. 
10 Penyakit Kuning Penyakit kuning alias jaundice ialah kondisi yang membuat kulit menjadi kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh zat yang disebut bilirubin yang berlebihan dalam darah dan jaringan badan. Bilirubin ialah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati..
Read More :  Lagu Bertema Hewan Dengan Tangga Nada Mayor

Ayo Membaca
Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan badan insan?

Empat Faktor yang Memengaruhi Kesehatan
Kesehatan ialah anugerah yang paling berharga bagi setiap manusia manusia. Buat apa banyak harta, tetapi badan kita sakit. Ada juga yang menyampaikan “Health is not everything, but without health everything is nothing”. Memang, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya. Saat sakit, kita akan mengalami banyak kerugian. Selain biaya berobat yang mahal, waktu produktif kita juga terbuang percuma. Kita yang biasanya per jam dibayar Rp100.000,00 maka dalam satu hari saja sudah Rp2.400.000,00 uang yang seharusnya kita dapatkan akan terbuang percuma. Kalau kita sakit selama sebulan, berapakah uang yang seharusnya masuk ke tabungan kita itu hilang begitu saja.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, adalah faktor perilaku, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan. Dari 4 faktor yang memengaruhi derajat kesehatan tersebut ternyata faktor sikap mempunyai imbas yang cukup besar, kemudian di ikuti oleh faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor keturunan. Keempat faktor di atas mempunyai keterkaitan dan saling memengaruhi.

Read More :  Mengidentifikasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

1. Faktor Perilaku
Perilaku masyarakat yang sehat akan menunjang dan berdampak semakin meningkatnya derajat kesehatan. Hal ini mampu kita lihat dari semakin banyaknya penyakit berbasis perilaku dan gaya hidup. Misalnya, kebiasaan pola makan yang sehat dapat menghindarkan kita dari serangan banyak penyakit, antara lain; Jantung, darah tinggi, stroke, obesitas (kegemukan), diabetes melitus, dan lain sebagainya. Kebiasaan (perilaku) mencuci tangan sebelum makan akan menghindarkan kita dari penyakit akses pencernaan (diare dan lain sebagainya). Perilaku menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur mampu mencegah penyakit seputar kesehatan gigi dan lisan. Dan masih banyak sikap atau kebiasaan yang berpengaruh terhadap kesehatan.

2. Faktor Lingkungan
Lingkungan yang higienis sangat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Perbandingan angka orang sakit yang signifikan, terjadi antara lingkungan yang bersih dengan lingkungan kumuh/kotor. Beberapa penyakit yang sering menjangkiti masyarakat yang hidup di lingkungan kumuh antara lain: demam berdarah, gatal-gatal, jerawat saluran pencernaan, dan pernapasan.

3. Faktor Pelayanan Kesehatan
Ketersediaan fasilitas kesehatan dengan mutu pelayanan yang baik, akan mempercepat derajat kesehatan masyarakat. Dengan adanya fasilitas yang gampang terjangkau dan dengan mutu pelayanan yang baik, akan meningkatkan jalan masuk pelayanan kesehatan masyarakat. Ketersediaan fasilitas harus diikuti dengan keterampilan tenaga kesehatan yang merata, mencukupi, dan memiliki kompetensi di bidangnya. Dalam pelayanan sampai tingkat pelosok desa.

Read More :  Ciri Ciri Komik Sebagai Gambar Gambaran

4. Faktor Keturunan
Banyak penyakit yang mampu kita cegah, misalnya dengan cara membersihkan lingkungan. Namun, sebagian penyakit tidak mampu kita hindari, mirip penyakit keturunan. Semakin besar risiko penyakit keturunan, maka akan semakin sulit meningkatkan derajat kesehatan. Untuk mencegah penyakit turunan perlu ada nya konseling perkawinan yang baik
.
Keempat faktor di atas saling besar lengan berkuasa dan tidak berdiri sendiri. Oleh karena itu, upaya pembangunan sarana kesehatan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan secara simultan. Upaya yang dilaksanakan harus komprehensif, meliputi upaya preventif/promotif, kuratif dan rehabilitatif. Pemerintah sebagai pembuat regulasi harus berperan aktif dalam pembangunan sarana kesehatan serta pelaksanaan kesehatan secara menyeluruh.
Sumber:

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas buatlah kesimpulan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan insan. Tuliskan dalam kolom berikut!

Terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yakni faktor sikap, faktor lingkungan, faktor keturunan, dan faktor pelayanan kesehatan. Dari 4 faktor ternyata faktor perilaku memiliki imbas yang cukup besar, kemudian di ikuti oleh faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan, dan faktor keturunan. Keempat faktor di atas mempunyai keterkaitan dan saling memengaruhi.

Comments are closed.