Take a fresh look at your lifestyle.

Ketahui Beberapa Jenis Pipa dan Fungsinya!

0 122

Ketahui Beberapa Jenis Pipa dan Fungsinya! – Kerap dijadikan sebagai media penyalur air di rumah, pipa ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda, loh. Tak hanya jenisnya saja, fungsinya jugaberbeda antara satu pipa dengan pipa lainnya. Berikut ini kami paparkan secara singkat mengenai jenis-jenis pipa air dan fungsinya tersebut, check it out:

Pipa air tembaga.

Pipa air tembaga merupakan salah satu jenis pipa yang berfungsi untuk instalasi refrigerant. Pipa satu ini memiliki sifat tahan terhadap suhu panas dan dingin. Biasanya, pipa satu ini diletakkan di dalam tanah maupun atas tanah. Khusus untuk peletakkan di bawah tanah, baiknya dilapisi dengan pengaman supaya terhindar dari keasaman tanah sehingga tidak membuatnya mudah rusak.

Pipa D.

Berbeda dengan pipa air tembaga, pipa D kerap digunakan untuk mengalirkan air buangan yang tidak bertekanan. Misalnya saja, water closet, kitchen sink, wastafel, dan lain sebagainya. Ciri khas dari pipa ini adalah memiliki strip berwarna merah yang biasanya menempel di bagian permukaan luar pipa.

Read More :  Uji Kompetensi Bahan Bangun Ruang Kelas V Sd

Pipa AW.

Untuk pipa AW sendiri sering difungsikan untuk mengalirkan air bertekanan 10 kg/cm2. Tekanan yang dihasilkan ini biasanya berguna untuk membantu mendistribusikan air dengan baik ke seluruh unit plumbing bangungan. Ciri utama dari pipa ini adalah punya strip berwarna biru pada permukaan pipanya.

Pipa galvanis.

Terbuat dari bahan dasar besi, pipa galvanis acap dimanfaatkan untuk mengalirkan udara, gas, air, dan objek tertentu. Pipa ini cocok digunakan untuk mengalirkan objek bertekanan. Namun, selain berfungsi untuk mengalirkan objek, pipa satu ini juga memiliki fungsi lain seperti pagar rumah, pelindung kabel, pagar chain link, dan masih banyak yang lainnya.

Pipa PEX.

Pipa PEX atau Cross-linked Poyle Ethylene merupakan jenis pipa yang digunakan untuk instalasi air panas, dingin, dan hidrolik karena memiliki sifat mampu menolerir suhu panas maupun dingin. Melansir dari pusathdpe, pipa satu ini sudah digunakan selama kurang lebih 25 tahun di benua Eropa.

Nah, selain beberapa jenis pipa yang sudah dipaparkan di atas, masih ada jenis lainnya, seperti:

  • Pipa air PVC
  • Pipa air CPVC
  • Pipa air HDPE
  • Pipa air PP-R
Read More :  Kombinasi Gerak Dalam Permainan Bola Voli

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.